DESAIN ELEMEN GAME KSATRIA YOYO : Lawang Sewu

July 14, 2010 § 4 Comments

Oleh Noviaji Wibisono

Ksatria Yoyo adalah game petualangan untuk anak usia 8-15 tahun. Berkisah tentang seorang anak yang suka bermain yoyo. Suatu ketika, dia menemukan sebuah yoyo yang ternyata memiliki kekuatan super. Genre game ini adalah RPG single player yang dimainkan di PC.

A. Elemen Formal

Pemain

Pemain yang dibutuhkan berjumlah satu orang yang memerankan sebagai Ksatria Yoyo.

Interaksi antar pemain : single player vs game.

Tujuan

Tujuan bisa dikatakan merebut Lawang Sewu dari kekuasaan mistis Hantu Lawang Sewu.

Tujuan game ini adalah menjadikan Lawang Sewu keluar dari kesan angker. Dengan quest/perintah yang harus diselesaikan oleh player, skenario dapat dijalankan dengan baik.

Prosedur

Permainan ini menggunakan mouse sebagai kontrol karakter untuk menuju ke tempat yang diinginkan (klik ke area), menyerang musuh (klik ke musuh), dan melanjutkan misi/quest, membeli/menjual item (klik ke NPC).

Kombinasi keyboard juga digunakan sebagai shortcut fungsi-fungsi.

Aturan

Dalam Ksatria Yoyo terdapat beberapa aturan :

a. Karakter harus menyelesaikan quest yang diberikan oleh NPC quest

b. Karakter harus mengambil item untuk menambah kekuatan serangan

c. Aturan dan petunjuk diberikan di quest pertama karena kompleksnya aturan, sehingga akan lebih mudah dipahami apabila langsung dilaksanakan.

d. Setiap item memiliki fungsi tertentu yang dijelaskan setelah player memperoleh item tersebut.

e. Jika HP 0 dan live 0 maka player akan mati

Sumber Daya

Sumber daya yang terdapat pada Ksatria Yoyo adalah:

a. Live / nyawa

Pemain dibatasi oleh live berjumlah 5.

b. Hit Points

Jika HP habis maka lives berkurang atau mati. Hit Point berkurang karena serangan musuh yang mengurangi HP dengan nilai tertentu.

c. Uang

Menggunakan mata uang Rupiah sebagai mata uang yang didapat dari item yang dibawa oleh monster dan mengambil item.

Konflik

Konflik yang terjadi pada Ksatria Yoyo adalah:

Opponents

Terdapatnya monster yang menyerang sebagai musuh player untuk menyelesaikan quest/perintah.

Batasan

Game Ksatria Yoyo memiliki batasan pada map yang digunakan. Untuk melanjutkan ke map berikutnya dibutuhkan portal sebagai penghubung antar map.

Hasil / akibat

Hasil menang : berhasil menyelesaikan misi mengusir hambatan untuk menjadikan Lawang Sewu sebagai pusat kebudayaan, keluar dari kesan mistis.

Hasil kalah : mengulang perjalanan sesuai checkpoint.

Hasil abstrak:

– Player lebih mengenal permainan tradisional khususnya yoyo

– Player lebih mengenal Lawang Sewu sebagai aset sejarah yang berada di Kota Semarang.

– Player akan menjadikan hal-hal mistis sebagai hal yang harus dilawan dan tidak merasa takut.

Tagged: , , , , , ,

§ 4 Responses to DESAIN ELEMEN GAME KSATRIA YOYO : Lawang Sewu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading DESAIN ELEMEN GAME KSATRIA YOYO : Lawang Sewu at Webee Punya Cerita.

meta

%d bloggers like this: