Membuat game itu susah

July 13, 2009 § 1 Comment

Entah kenapa aku merasa wajib dalam soal game. Bukan untuk memainkannya, melainkan membuat. Huft, memang gag mudah, bahkan cenderung sulit+sekaliiiiii….. Penguasaan programming bukan yang utama, tapi vital. Animasi (grafik) juga penting. gag bisa asal-asalan. Nah, belum lagi design game. Harus menarik, tujuan harus jelas. Gag cuma asal nembak, asal jalan kesana – kemari. Asal mukul-mukul gag jelas. Pokoknya, berat untuk kapasitas saya sebagai mahasiswa DKV- Game Tech “jadi-jadian“.

Game menurut ilmu yang sudah saya terima, merupakan sebuah karya multi disiplin. Desain grafis, animasi, pemrograman, komunikasi visual, interaksi manusia komputer, dan masih banyak lagi. Inilah yang dikatakan, “membuat game lebih enak dilakukan dalam tim”. Karena dalam tim, pembagian tugas jelas. ada yang menjadi desainer (karakter, background, properti), programmer (game programer, AI programer), game designer (level design, main game design). Pokoknya ribet lah.

Lantas bagaimana tugas ku ini. Mata kuliah Design Game and Development, sebuah matakuliah yang sangat amat penting untuk kapasitas program study yang saya ikuti. Membuat game tunggal tanpa dibekali penguasaan tool yang mumpuni, sebut saja Game maker, flash, atau C++ barangkali, hahaha.. Mungkin menganggap Beasiswa Unggulan itu benar-benar unggulan adalah kurang rasional. Karna anggapan, tanpa upaya yang jelas, takkan ada hasil. Memang benar kami mahasiswa yang bisa “dipaksa”-dengan ancaman beasiswa tidak keluar-, namun tindakan yang rasional harus dilakukan. Kami tidak semata-mata kerbau yang ditusuk hidungnya.

Tapi siapa saya, cuma mahasiswa yang tetap berharap IPK diatas tiga koma. Dosen memang bukan dewa, tapi mereka semacam diagungkan demi “jatah” yang lancar. Tidak pasrah yang saya lakukan, tapi berusaha mandiri adalan jalan mahasiswa mandiri. Buat game, bisa jadi gampang, kalo udah bisa. Nah, yang saya lakukan sekarang adalah, bagaimana saya bisa melakukannya. Amin.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to Membuat game itu susah

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Membuat game itu susah at Webee Punya Cerita.

meta

