5 Alasan membuat blog

June 29, 2009 § Leave a comment

Walopun q masih bingung sama isi blog ini, tapi aku mulai cari – cari alasan nih:

Blog atau weblog bukanlah barang aneh lagi dalam dunia internet. Blog bahkan disebut sebagai cikal bakal internet generasi 2.0. Tapi apa sesungguhnya yang mendasari orang untuk membuat blog ? Berikut adalah 5 besar alasan menulis blog menurut saya.

1. Sebagai catatan harian
Ini mungkin merupakan alasan pertama dan utama blog itu muncul dan berkembang. Penulis blog dapat menuliskan kembali peristiwa yang dia alami, kenangan dan petualangan yang dilalui hingga curhat masalah yang di hadapi.

2. Sebagai sarana menyalurkan hobi
Hobi utama yang bisa disalurkan dengan blog adalah hobi menulis. Namun dengan ngeblog juga bisa menyalurkan hobi yang lain seperti memasak, fotografi, otomotif dan masih banyak lagi yang lainnya. Penulis blog dapat menuliskan kembali aktivitas hobi yang dilakukan. Dengan blog, penulis bisa meningkatkan kemampuan baik dalam menulis, kemampuan berbahasa maupun aktivitas hobi lainnya.

3. Sarana ekspresi / aktualisasi diri
Blog merupakan sarana untuk menuangkan segala ide, opini dan kesan tanpa dibatasi oleh berbagai peraturan yang terlalu mengikat seperti dalam media konvensional lainnya. Kalau mengutip dari andry , Blog is personal branding towards Me, Inc.

4. Mencari popularitas
Tak bisa dipungkiri, bahwa salah satu alasan populer menulis blog adalah mencari popularitas. Ini di indikasikan dengan kecenderungan penulis blog untuk mencari statistik hit yang tinggi. Penulis blog akan merasa blognya populer ketika berada dalam urutan cukup tinggi dalam pencarian menggunakan mesin pencari.

5 . Salah satu sarana mencari penghasilan
Yang terbayang oleh saya saat ini untuk alasan yang ke-5 adalah dengan blog kita bisa menjual produk / jasa dengan menempatkan link info produk tersebut di blog kita. Tentunya harus didukung dengan popularitas blog tersebut. Di masa depan mungkin, blog bisa juga di jadikan profesi paruh waktu seperti yang di lakukan oleh budiputra.

Namun apapun alasan anda ngeblog, seperti yang disampaikan oleh Onno W Purbo yang terpenting blog adalah sarana untuk mengefisienkan proses amal, ibadah dan sedekah agar bermanfaat bagi orang banyak.

Jadi blog bukan trend sesa(a)t kan?

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 5 Alasan membuat blog at Webee Punya Cerita.

meta

%d bloggers like this: